Pelaksanaan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan  PKM (PKP) pada Jumat-Minggu   (Foto : Tim UKM Jurnalistik)

SiMAWA POLIKANT – Tiga Tim Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM)  Politeknik Perikanan Negeri Tual yakni PKM-PI (Penerapan Iptek), PKM-RSH (Riset Sosial Humaniora), dan PKM-RE (Riset Eksakta) tuntaskan tahap Penilaian Kemajuan Pelaksanaan  PKM (PKP) pada Jumat-Minggu (22-24/09/2023) secara daring menyampaikan laporan kemajuan kepada dewan juri yang dikemas dalam presentasi dan sesi tanya jawab. Dengan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube PENS Tv.

Bersaing dengan 400 tim seluruh Indonesia, sebelum berlaga di PKP2 tim PKM Politeknik Perikanan Negeri Tual menjalani berbagai pembinaan dan pendampingan. Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Direktur III bidang kemahasiswaan Syahibul Kahfi Hamid selaku dosen pendamping dari dua tim  mahasiswa PKM yang turut berlaga. “Tujuan pembinaan sebenarnya sederhana yaitu menciptakan semangat  dan mental dalam tim sehingga siap menjalani PKP2 2023. Dari segi pembinaan, kami berusaha konsisten dan 3 tim ditempa untuk latihan presentasi, pembuatan PPT, dan video penayangan,” ujarnya.

Salah satu ketua Tim dari tim PKM-PI Madina Taweatubun mengungkapkan “realisasi PKM ini sangat bermanfaat positif untuk masyarakat dan juga dapat memberikan banyak pengalaman dan pengetahuan untuk saya beserta tim saya, walaupun pada pelaksanaanya kami memiliki banyak kekurangan namun tidak membuat semangat kami surut dan kami bertekad memberikan yang terbaik dan kami siap melangkah ke tahap selanjutnya”.

Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan, optimis akan akan memperoleh hasil yang baik karena melihat semangat tim yang solid dan pembinaan yang telah dilakukan. Beliau menilai kualitas presentasi, PPT, dan penyampaian yang disampaikan oleh tiga tim PKM Polikant pada saat presentasi sudah bagus. Ini adalah bukti kerja keras, dedikasi dan komitmen yang tim tunjukkan dalam melaksanakan program PKM.  “Ini adalah kesempatan baik dalam perjalanan akademik untuk meningkatkan ketrampilan, mengasah kemampuan, serta melibatkan diri langsung dan berkontribusi nyata tentunya  sesuai bidang ilmu. Semoga tim-tim ini terus menghasilkan karya-karya inovatif bagi perkembangan intelektual dan kemajuan bangsa.” pungkas beliau. (√)