Kegiatan Penandatanganan Kontrak Pelaksanaan antara Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan dengan Ketua Tim Pelaksana Program Kewirausahaan Mahasiswa   (Foto : UKM Wirausaha)

SiMAWA POLIKANT – Bidang Kemahasiswaan Politeknik Perikanan Negeri Tual (POLIKANT) adakan Pekan Kewirausahaan Mahasiswa dengan mengusung tema “Think Big, Start Small, Move Fast”. Kegiatan ini dimulai dengan pelaksanaan seminar dan pelatihan wirausaha kepada para mahasiswa POLIKANT dengan melibatkan para pebisnis di wilayah Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara serta didampingi juga oleh pengelola rumah kreatif BUMN.   Setelah itu mahasiswa yang mengusulkan proposal wirausaha wajib melakukan presentasi proposal didepan juri, dan kegiatan berakhir dengan dilakukannya penandatanganan kontrak antara Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan dengan Ketua Tim Pelaksana Program Wirausaha di ruangan Direktur Politeknik Perikanan Negeri Tual. Senin, (04/12/23).

Kegiatan ini memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa POLIKANT untuk berkompetisi dalam mengemukakan ide-ide dan mewujudkannya dalam bentuk berwirausaha tak hanya itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang inovasi, dan dampaknya pada kemajuan masyarakat dan membentuk kompetisi sebagai sarana untuk berkomunikasi, menyosialisasikan ide serta mendorong semangat mahasiswa dalam berwirausaha.

Mahasiswa jurusan Bioteknologi atas nama Anggreani Sianturi bersama dengan timnya tersebut menggagas sebuah inovasi dengan menggunakan kain Canva dalam pembuatan tote bag biotek style. Sebagai salah satu peraih pendanaan proposal Pekan Kewirausahaan Mahasiswa Politeknik Perikanan Negeri Tual Tahun 2023 Anggreani optimis menghadirkan produk ini sebagai wajah baru dalam berinovasi. Tak hanya inovasi tote bag biotek style, 8 tim lainnya berinovasi dalam bidang kuliner dan bidang Kesehatan seperti the cinamon anti diabetes dan sabun Spirulina Oksidan (SPION) sebagai Solusi kesehatan kulit dan anti jerawat.

Muhammad Askin Putra Fanela S.Kel., M.Si selaku ketua panitia penyelenggara Pekan Kewirausahaan Mahasiswa menyatakan  “kewirausahaan harus ditekuni para mahasiswa sejak dini untuk memupuk kemandirian dan meningkatkan keterampilan dalam proses membentuk generasi penerus yang berdaya saing dan mampu menjawab tantangan di masa depan. Kewirausahaan itu membuka peluang, modal awal, dan potensi yang luar biasa, sehingga para mahasiswa yang merupakan generasi penerus bangsa harus mempersiapkan diri sejak dini,” ujarnya usai pembacaan peraih pendanaan proposal pekan kewirausahaan mahasiswa.

Pekan Kewirausahaan mahasiswa ini tak hanya sebuah ide yang dituangkan dalam sebuah sistematika penulisan namun sesungguhnya membutuhkan komitmen yang kuat dalam tim karena akan melalui tahap jatuh dan bangun, serta siklus belajar dari kegagalan. Proses membangun kemampuan berwirausaha, juga dapat menjadi media pembelajaran untuk memupuk kompetensi diri melalui pengaplikasian lima disiplin yakni memperkuat sistem berpikir, membangun model mental, menerapkan visi bersama, membentuk tim
pembelajar dan yang paling penting memperkokoh penguasaan diri sehingga ide yang menjadi sebuah peluang usaha tadi  tetap berkelanjutan dan tidak mati. Ujar Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan Politeknik Perikanan Negeri Tual pada arahan sebelum penandatangan kontrak. (√)